Alonso Kenang Saat-saat Bersama Liverpool

Gelandang Xabi Alonso mengenang masa-masa mudanya ketika dia masih bermain di Inggris untuk memperkuat Liverpool. Masa-masa yang dianggapnya sangat menyenangkan. Yang kurang hanya satu hal: Gelar juara Premier League.

Alonso menceritakan pengalamannya bersama Liverpool dalam sebuah wawancara bersama The Guardian. Ia mengungkapkan, sebelum akhirnya bergabung dengan Liverpool, Real Madrid juga sudah menaruh ketertarikan pada dirinya selama beberapa bulan. Ia bisa saja pindah ke Santiago Bernabeu waktu itu.

Namun, Madrid nampak terlalu berbelit-belit dan belum memberikan penawaran secara serius. Ketika itulah Liverpool datang. Alonso melihat Liverpool sangat serius dan tidak terlalu bertele-tele melakukan negosiasi. Ditambah status mereka sebagai salah satu klub besar Eropa, jadilah Alonso setuju dengan tawaran dari Liverpool.

Alonso datang ke Anfield pada musim panas, musim yang kemudian akan dikenang sebagai salah satu musim terbaik oleh para pendukung The Reds. Kala itu, Alonso baru berusia 23 tahun. Sebagai pemain muda, ia banyak belajar dari sosok-sosok yang lebih senior atau lebih lama di klub seperti Jamie Carragher, Steven Gerrard, Sami Hyypia, serta Dietmar Hamann.

Kata Alonso, keempatnya adalah pemain pilar Liverpool kala itu. Sosok-sosok penting. Jika salah satu dari keempatnya berbicara, pemain lain akan mendengarkan. Walaupun begitu, ada pemain-pemain lainnya di skuat The Reds ketika itu juga sama pentingnya.

Dengan pemain-pemain inilah Liverpool hampir saja sukses meraih juara Premier League di musim 2008/2009. Mereka tampil mengesankan pada musim itu, namun pada akhirnya finis di posisi kedua dengan jarak empat poin dari rival abadi mereka, Manchester United, yang keluar sebagai juara.

Setelah musim itu berakhir, Alonso tak lagi berstatus sebagai pemain Liverpool. Ia akhirnya hengkang ke Real Madrid, yang sudah sejak lama memburunya. Pada akhirnya ia mendapatkan kesimpulan jika begitulah dunia sepakbola, tidak selamanya lempang-lempang saja.

Leave a Reply