City VS Liverpool, Adu Taktik Guardiola vs Klopp

Duel antara Manchester City melawan Liverpool kali ini tidak hanya tentang perebutan posisi tiga klasemen, tapi juga tentang duel antara kedua manajer: Josep Guardiola dan Juergen Klopp. Siapa yang akan berjaya kali ini?

Manchester City akan berhadapan dengan Liverpool di Stadion Etihad, Minggu (19 Maret 2017). Di papan klasemen sementara, mereka hanya berjarak satu poin dengan The Reds yang menduduki posisi lebih rendah (posisi 4) telah memainkan satu laga lebih banyak.

Ini artinya sebuah kemenangan bisa membuka peluang untuk masing-masing demi merebut posisi runner-up klasemen sambil berharap Tottenham Hotspur gagal menang melawan Southampton.

Sementara itu, untuk Guardiola dan Klopp ini akan merupakan pertemuan kedua mereka di Premier League. Sebelumnya, Klopp berhasil tampil sebagai pemenang setelah The Reds menang tipis 1 – 0 atas The Citizens di Anfield di malam tahun baru.

Guardiola sendiri kini sedang dalam sorotan. Menyusul kegagalan The Citizens melaju ke perempatfinal Liga Champions setelah ditekuk AS Monaco 1 – 3, yang membuat mereka kalah agresivitas gol tandang dalam agregat 6 – 6.

Adapun masalah lain yang mesti hadapi oleh mantan manajer Barcelona itu. Klopp adalah lawan sulit dikalahkan Guardiola. Menilik sejarah Klopp telah memenangkan lima pertandingan menghadapi Guardiola di seluruh ajang kompetitif, jumlah kemenangan itu lebih banyak diraih dari manajer manapun melawan Guardiola.

Rivalitas kedua manajer dimulai pada 2013 di Jerman ketika Guardiola menangani Bayern Muenchen dan Klopp jadi juru taktik Borussia Dortmund. Sampai kini, mereka telah bersua sebanyak sembilan kali dengan hasil lima kemenangan untuk Klopp dan empat untuk Guardiola, tanpa hasil imbang.

Leave a Reply