Conte Bantah Komentar Mourinho Soal Gaya Permainan Chelsea

Manajer Manchester United, Jose Mourinho beberapa waktu lalu berkomentar soal gaya permainan Chelsea, Mourinho mengatakan jika sepakbola bertahan dan serangan balik menjadi sebab Chelsea bisa dominan. Mendengar komentar itu, Antonio Conte membantahnya.

Setelah tampil sangat buruk di musim lalu yang berujung pemecatan Mourinho di tengah-tengah musim, Chelsea berhasil bangkit bersama Conte yang baru ditunjuk sebagai manajer di awal musim kemarin.

Sempat terseok-seok di awal musim, Chelsea kemudian mencatatkan laju luar biasa dengan rentetan kemenangan yang cukup panjang sehingga mereka saat ini tidak terganggu di puncak klasemen Premier League dengan keunggulan 10 poin atas Manchester City serta Tottenham Hotspur.

Tidak hanya menjadi tim yang memiliki pertahanan terbaik yakni hanya kebobolan 20 gol dari 27 pertandingan, Chelsea juga jadi tim kedua yang paling tajam dengan koleksi 57 gol, hanya kalah dari Liverpool yang mengumpulkan 60 gol.

Formasi 3-4-3 yang selalu dipakai oleh Conte pun menuai pujian karena taktik yang diangggap sudah ketinggalan jaman itu justru kembali jadi tren baru belakangan ini.

Tapi ada yang mengganggap bahwa strategi Conte saat ini hanya mengandalkan kekuatan di sektor pertahanan dengan David Luiz, Gary Cahill, dan Cesar Azpilicueta sebagai penjaga Thibaut Courtois, ditambah dengan tiga gelandang N’Golo Kante dan Nemanja Matic atau Cesc Fabregas.

Salah satu penilaian itu diungkapkan oleh Mourinho yang kerap melihat The Blues cenderung lebih kerap bertahan dan langsung melakukan serangan balik. Tapi Conte langsung membantahnya dan menyebut bertahan bukanlah gaya melatihnya.

“Saya harus mengatakan kepada Anda. Tidak hanya di sini, tapi dari dulu pun saya tidak pernah menangani sebuah tim dengan memusatkan pada pendekatan serangan balik, tidak seperti itu. Melatih serangan balik itu sulit, namun terkadang Anda memang harus melakukan itu,” ujar Conte seperti dikutip Soccerway.

Leave a Reply