Del Bosque Pilih Casillas, De Gea Legawa

Iker Casillas sepertinya masih dipercaya untuk menjadi penjaga gawang utama bagi tim nasional Spanyol. Banyak pihak yang sejatinya mempertanyakan keputusan dari Vicente del Bosque tersebut. Namun, David De Gea mengaku jika dia tidak ingin terlalu memikirkan persoalan tersebut.

Casillas tampaknya masih akan menjadi pemain yang tidak tergantikan di squad La Furia Roja. Siapa pun yang menjadi pesaingnya, Casillas tetap menjadi pilihan pertama. Keistimewaan itu didapat Casillas sejak memulai debut bersama timnas pada 2000.

Dalam kurun waktu tersebut, Santo Iker selalu berhasil menunjukkan konsistensinya. Dia pun tampil sebagai tokoh kunci di balik sukses La Furia Roja memenangkan Piala Dunia 2010 serta Piala 2008 dan 2012. Tak heran jika Casillas memang layak mendapat penghormatan.

Namun kemudian banyak pihak yang mempertanyakan keputusan Del Bosque yang lebih memilih Casillas daripada De Gea untuk menjadi kiper utama di Piala Eropa 2016. Padahal, performa Casillas menurun drastis apalagi sejak bergabung bersama FC Porto.

Dari 40 pertandingan musim 2015/2016, Casillas kebobolan 39 gol dan hanya mencetak 14 clean sheet. Statistik De Gea memang tidak berbeda jauh. Dari 49 laga, dia kebobolan 48 gol dan mencetak 19 clean sheet. Namun, catatan itu mampu diukir De Gea ketika Manchester United sedang terpuruk.

Walaupun kecewa, De Gea mengaku akan menerima keputusan Del Bosque dengan lapang dada. “Kita lihat saja apa terjadi nanti. Saya di sini untuk melakukan apa yang diminta oleh pelatih. Ketika saya berada di lapangan, saya hanya berpikir untuk meraih kemenangan bersama tim,” kata De Gea seperti dilansir dari Goal.

De Gea sendiri mengawali debut bersama timnas Spanyol pada tahun 2014. Sayangnya, ia hadir ketika Spanyol masih memiliki Casillas. Karena itu, De Gea baru mengumpulkan delapan caps sejauh ini.

Leave a Reply