Dominasi Italia Atas Jerman Terhenti Di Adu Penalti

Dominasi tim nasional Italia atas kesebelasan Jerman di turnamen mayor akhirnya harus berakhir melalui babak adu penalti. Malang untuk Gli Azzurri, prestasi mereka memang kurang oke dalam hal adu tos-tosan.

Gli Azzurri sebenarnya punya rekor impresif atas Der Panser dalam pertemuan-pertemuan di turnamen mayor. Dalam delapan kesempatan di Piala Eropa dan Piala Dunia, Italia tidak pernah sekalipun merasakan kekalahan. Hasil terburuk mereka hanya dua kali imbang, sementara enam lainnya berakhir dengan kemenangan.

Tapi catatan impresif Italia tersebut harus berakhir dalam babak delapan besar Piala Eropa 2016. Dalam pertandingan yang dilangsungkan Minggu 3 Juli 2016 dinihari tadi, Italia kalah 5-6 dalam drama adu penalti. Pertandingan harus berakhir dengan cara seperti itu setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 hingga 120 menit.

Berbicara mengenai adu penalti, Italia memamng memiliki statistik buruk. Dari lima kali adu penalti yang dijalani Italia di Piala Eropa, mereka mengalami tiga kali kegagalan. Jika ditotal di semua turnamen mayor, Gli Azzurri sudah gagal menang enam kali di adu penalti. Tidak ada negara lain di seluruh dunia yang punya statistik seburuk itu.

Sementara itu, Jerman dikenal sebagai rajanya adu penalti. Lihat saja statsitik mereka, sapu bersih 6 kemenangan dari 6 adu penalti terakhir.

Kehebatan Jerman dalam adu penalti kembali dibuktikan dalam laga dinihari tadi, banyak penyelamatan yang dilakukan oleh kiper Manuel Neuer. Penjaga gawang Bayern Muenchen itu dua kali berhasil menggagalkan penalti pemain Italia, masing-masing dari Leandro Bonucci dan Matteo Darmian.

Leave a Reply