Fabio Capello Resmi Tangani Jiangsu Suning

Fabio CapelloFabio Capello dipastikan menjabat sebagai pelatih klub Liga Super China, Jiangsu Suning. Pelatih berkebangsaan Italia itu diberi kontrak selama 18 bulan dan akan digaji sebesar 120 ribu poundterling atau setara dengan Rp 2 miliar per pekan.

“Kami sudah sepakat dengan kontrak kerja dengan Fabio Capello. Dia akan mulai menjabat sebagai pelatih terhitung sejak pengumuman ini dibuat. Selamat datang Mr. Fabio!” tulis Suning dalam pernyataan resmi yang dikutip Football Italia.

Jiangsu Suning merupakan klub pertama yang dibesut oleh Capello sejak musim 2006/2007 atau ketika melatih Real Madrid. Setelahnya, pelatih yang lahir di kota San Canzian d’Isonzo itu lebih banyak menangani tim nasional.

Para periode 2008 hingga 2012, Fabio Capello jadi manajer kesebelasan Inggris dengan prestasi terbaik mengantarkan The Three Lions lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Setelah meninggalkan kursi kepelatihan Inggris, Fabio Capello memilih melatih Tim nasional Rusia. Namun pelatih yang sempat menangani AC Milan, Real Madrid, AS Roma, dan Juventus itu didepak pada tahun 2015 karena tidak mampu mengangkat performa tim saat tampil di kualifikasi Piala Eropa 2016.

Di Liga Super China, Capello akan bertemu dengan sejumlah pelatih top dunia lainnya seperti Luiz Felipe Scolari, Fabio Cannavaro, Andre Villas-Boas, Gustavo Poyet, Manuel Pellegrini, serta Felix Magath.

Capello juga menjadi orang Italia ketiga yang berkarier di Tiongkok, setelah sebelumnya Marcelo Lippi juga menerima pekerjaan sebagai pelatih Tim nasional China.

Sejauh ini, prestasi Capello memang lebih bagus ketika melatih di level klub. Ia mengantar AC Milan, AS Roma dan Juventus menjadi penguasa Serie A, kemudian Real Madrid di La Liga. Sementara di Liga Champions, Capello mengantarkan AC Milan sekali juara di awal-awal karier kepelatihannya.

Leave a Reply