Messi: Kesuksesan Barca Karena Seluruh Pemain, Bukan Individu

Barcelona merupakan salah satu tim yang paling sukses dalam satu dekade terakhir, dengan Lionel Messi disebut yang menjadi tokoh utama. Messi yakin Blaugrana tidak hanya bergantung padanya.

Sejak menjalani debut bersama tim utama Barca pada tahun 2005 silam, Messi telah menjadi tokoh utama bagi rakasasa Catalan ini. Dia membantu Blaugrana meraih sedikitnya 29 gelar juara dalam seluruh ajang kompetitif mulai dari liga domestik, kompetisi Eropa, maupun piala dunia antarklub.

Akan tetapi, kemudian kecemerlangan Messi dinilai justru berimbas kurang bagus untuk Barca. Barca dinilai sudah sangat bergantung pada kapten tim nasional Argentina ini. Walaupun selama ini selalu bisa menjawab kepercayaan dengan produktivitasnya, di lain sisi ada imbas buruk dari hal tersebut karena Barca terkadang kerepotan tanpa kehadirannya.
Namun pemain berjuluk La Pulga ini sendiri justru berusaha menampik adanya kekhawatiran tersebut dan menegaskan jika Barca tidak akan kesulitan, walaupun tanpa kehadirannya.

“Tidak ada soal ketergantungan, karena saya tahu bukan itu persoalannya. Saya sudah ditanya soal itu beberapa kali sebelumnya dan jawaban saya akan selalu sama. Saya adalah pemain Barcelona, tim terbaik dunia. Dan Tim ini tidak bergantung hanya kepada satu pemain,” kata Messi.

Messi menegaskan jika kesuksesan Barca sejauh ini adalah buah dari sistem yang terencana dengan baik. Barca memiliki filosofi permainan yang tetap dan memerlukan kontribusi dari seluruh pemain yang sangat baik untuk menerapkannya di atas lapangan.

“Saya rasa permainan dari seluruh pemain adalah yang paling penting. Sekarang ini, lebih dari sebelumnya, bermain bersama dengan tim yang tertata, kompak, dan tahu bagaimana harus bereaksi di setiap situasi itu adalah yang paling penting,” sambung Messi.

Leave a Reply