Messi Memang Hebat, Tapi Tim Adalah Yang Paling Penting

Jose Mourinho memberikan komentar terkait prestasi yang sudah diperoleh bintang Barcelona, Lionel Messi selama ini. Mourinho menyebut jika Messi berhasil membuat setiap tim yang dibelanya lebih mudah meraih kemenangan. Namun Mourinho menambahkan jika yang paling penting adalah tim, bukan individu.

Sejak melakoni debutnya bersama Barcelona pada tahun 2004 lalu, Messi berhasil menjelma sebagai mesin gol serta bintang utama dari klub tersebut. Messi juga berhasil mencatakan namanya menjadi top skorer sepanjang masa barcelona dengan torehan 448 gol dalam 518 pertandingan.

Selama membela Barcelona, Messi telah memenangkan 26 trofi, termasuk tujuh trofi La Liga serta empat gelar juara Liga Champions. Penyerang berkebangsaan Argentina tersebut juga sudah dua kali mengantarkan Los Cules meraih predikat treble winners.

“Yang pertama adalah, ini merupakan soal kemampuan individu pemain. Sebagai contohnya adalah Leo Messi bisa membawa Barcelona menjuarai Liga Champions bersama tiga pelatih berbeda. Saya akui dia adalah pemain hebat,” ujar Mourinho.

“Saya rasa akan semua pemain lebih senang bermain bersamanya ketimbang menghadapinya. Saya merupakan seorang manajer sebuah klub sepakbola. Saya tahu kadang-kadang orang-orang berpikir jika individu itu lebih penting dibandingkan tim,” lanjutnya.

“Namun saat saya berpikir jika individu lebih penting daripada tim, maka itu adalah waktu bagi saya untuk pensiun. Saya masih berpikir jika tim lebih penting dibandingkan apapun. Namun pada kenyataannya memang ada beberapa pemain yang bisa membuat perbedaan,” kata dia.

Mourinho sendiri belum melatih lagi setelah berpisah dengan Chelsea pada bulan Desember lalu. Dia berharap agar bisa kembali bekerja mulai musim depan. Belum diketahui klub mana yang akan ditanganinya, namun dalam beberapa waktu belakangan dia gencar dikait-kaitkan dengan Manchester United.

Leave a Reply