Pensiun Dari Timnas, Piala Eropa 2016 Jadi Penampilan Terakhir Ibrahimovic

Piala Eropa 2016 sepertinya akan menjadi kompetisi terakhir Zlatan Ibrahimovic bersama tim nasional Swedia. Berakhirnya kompetisi Piala Eropa 2016 ini sekaligus menandai berakhirnya kebersamaan Ibrahimovic dengan timnas Swedia sehingga dipastikan Ibrahimovic tak bakal tampil di Olimpiade.

Swedia tinggal menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup Euro saat ini, yakni menghadapi kesebelasan Belgia, Kamis 23 Juni 2016 dinihari WIB. Saat ini Swedia sedang duduk di peringkat ketiga klasemen grupnya.

Belum bisa dipastikan apakah Swedia bisa lolos ke fase knockout. Yang pasti adalah penyerang 34 tahun itu akan gantung sepatu setelah turnamen ini, menepis kemungkinannya tampil dalam Olimpiade pada bulan Agustus mendatang.

“Saya tidak akan turut serta di ajang Olimpiade karena pertandingan terakhir saya akan menjadi laga terakhir timnas Swedia dalam Piala Eropa ini. Jadi semoga saja perjalanan kami di Piala Eropa akan lama. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para suporter karena mereka sudah mendukung kami sampai sejauh ini,” ungkap Ibrahimovic di Sky Sports.

Ibrahimovic sejauh ini sudah mengumpulkan 62 penampilan bersama timnas Swedia. Pemain yang akan hengkang dari Paris Saint-Germain pada akhir bulan Juni ini akan menjalani turnamen kali ini dengan potensi menjadi pemain pertama yang bikin gol di empat putaran final ajang Piala Eropa.

Belum ada gol yang dia bukukan di turnamen, dengan Swedia berimbang 1 – 1 melawan Republik Irlandia di pertandingan pertama lalu kemudian kalah dengan skor 0-1 dari kesebelasan Italia pada pertandingan kedua.

“Kepergian Zlatan akan menjadi sebuah kehilangan besar bagi kami. Zlatan adalah sosok yang sangat unik dan penting untuk kami,” ungkap pelatih Swedia, Erik Hamren.

Leave a Reply