Pentingnya Chiellini Untuk Juventus

giorgio-chiellini
Sejak pertama kali didatangkan oleh Juventus di tahun 2005, Giorgio Chiellini menjadi salah satu pemain vital bagi tembok pertahanan Bianconeri. Ada pula sebuah catatan spesial lain yang dicatatkan oleh Chiellini.

Dalam giornata pamungkas Serie A tadi malam (14 Mei 2016), Chiellini mencetak gol perdananya di musim ini. Dia mencetak satu dari lima gol kemenangan tanpa balas Bianconeri atas Sampdoria.

Spesialnya dalam gol tersebut adalah, bahwa selama 11 musim berseragam Juventus, Chiellini hampir tidak pernah absen mencetak gol per musimnya. Pengecualian hanya dua kali, yakni di musim 2005/2006 dan musim 2014/2015.

Musim terproduktifnya adalah di musim 2008/2009 dan 2009/2010, dia sukses mencetak empat gol dalam dua musim, masing-masing dua gol. Sebagian besar gol buatannya dicetak melalui sundulan kepala.

Chiellini merupakan pemain bertahan Bianconeri yang paling konsisten, dan oleh sebab itu termasuk salah satu bek terbaik dunia. Media olahraga asal Inggris, The Guardian memasukkan namanya ke dalam daftar 50 pesepakbola terbaik dunia tahun 2012. Bloomberg juga pernah menuliskan namanya sebagai pemain terbaik ketujuh di Eropa pada tahun 2013.

Salah satu ungkapan terbaik yang diberikan kepada Chiellini datang dari mantan pelatih Napoli dan Inter Milan, Walter Mazzarri. “Giorgio merupakan pemain universal, berasal dari kekuatan alam. Setiap pelatih pasti mengingkan dia bermain di tim mereka. Dia seperti bukan berasal dari planet ini,” ungkap Mazzarri pada tahun 2014 lalu.

Pemain yang pernah terlibat insiden dengan striker Barcelona, Luis Suarez ini ini juga masih merupakan bek tengah nomor satu tim nasional Italia. Sejak melakoni debut pada tahun 2004, Chiellini sudah mencatatkan 82 caps bersama Gli Azzurri.

Leave a Reply