Perkenalkan Super Victor, Maskot Piala Eropa 2016

Super VictorSeperti yang sudah menjadi kebiasaan selama ini dalam gelaran Piala Eropa, Piala Eropa 2016 juga memiliki sebuah maskot yang unik. Kali ini yang terpilih menjadi maskot adalah Super Victor, dilambangkan dengan seorang anak yang memiliki kekuatan super.

Maskot Piala Eropa 2016 pertama kali diperkenalkan ke publik pada 18 November 2014 silam. Super Victor muncul sebelum kick off laga uji coba antara tim nasional Prancis melawan timnas Swedia di Stade Velodrome, Marseille.

Super Victor menggambarkan sosok seorang anak yang memakai seragam sepakbola dengan warna yang serupa dengan warna bendera Prancis yakni biru, putih, merah serta memakai jubah yang menempel di punggungnya. Nomor 16 tertera di dadanya adalah lambang tahun penyelenggaraan turnamen.

Ketika pertama kali diperkenalkan, maskot tersebut belum memiliki nama resmi. UEFA mengajak para pecinta sepakbola di seluruh dunia untuk memilih satu di antara ketiga nama yang telah disediakan Driblou, Goalix, dan Super Victor melalui sebuah voting di situs resminya.
Super-Victor
Nama Super Victor pun mendapat hasil voting tertinggi dengan suara sebesar 51.781 suara dari total 107.790 pemilih. Goalix ada di peringkat kedua dengan perolehan 29.331 suara kemudian disusul oleh Driblou yang mengumpulkan 26.678 suara.

Nama Super Victor diambil dari kata victory yang punya arti: kemenangan atau kejayaan dan super yang merujuk pada kekuatan istimewa yang dimilikinya. Maskot Piala Eropa kali ini memang digambarkan sebagai seorang anak yang memiliki kekuatan super.

Leave a Reply