Sah! Lukaku Jadi Topskorer Sepanjang Masa Belgia

Romero LukakuRomelu Lukaku berhasil menyabet status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Belgia. Lukaku telah melampaui rekor (30 gol) sebelumnya yang dipegang oleh legenda The Red Devils, Bernard Voorhoof dan Paul van Himst.

Walaupun baru berusia 24 tahun, hal itu sama sekali tidak menghalangi Lukaku untuk memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 43 tahun tersebut.

Lukaku mencetak satu-satunya gol ketika kesebelasan Belgia mengalahkan Jepang 1 – 0 dalam laga persahabatan di Jan Breydel Stadium, Bruges, Belgia Rabu (15 November 2017) dinihari WIB. Penyerang andalan Manchester United itu menanduk bola umpan silang dari Nacer Chadli untuk merobek gawang Jepang.

Dengan tambahan satu gol itu, Lukaku telah mencetak 31 gol untuk De Rode Duivels sejak melakoni debutnya pada 2010 silam. Dia mencapai jumlah gol tersebut di pertandingan ke-65nya untuk tim nasional. Catatan ini semakin impresif karena Lukaku menjadi top skorer sepanjang masa Belgia ketika usianya baru 24 tahun. Dan sangat mungkin gol-golnya akan bertambah lagi.

Lukaku sebelumnya menyamai rekor Voorhoof dan Van Himst dengan mencetak dua gol ketika tim nasional Belgia ditahan imbang 3 – 3 oleh kesebelasan Meksiko pada pekan lalu. Pertandingan persahabatan melawan Jepang sendiri sempat terancam batal diselenggarakan. Pihak kepolisian lokal sempat diperingatkan akan adanya potensi ancaman teroris dalam laga tersebut.

Pihak kepolisian akhirnya memperketat pengamanan dan melakukan pemeriksaan tambahan, yang membuat sebagian penonton terlambat masuk ke stadion. Namun, pada akhirnya tidak ditemukan ancaman keamanan dan pertandingan berjalan dengan lancar.

Romelu Lukaku pertama kali bermain bersama tim nasional Belgia pada 2010 ketika masih berusia 16 tahun. Sepanjang partai kualifikasi Piala Dunia 2018, mantan penyerang Everton ini mencatatkan 10 gol.

Leave a Reply