Sampaoli Resmi Jadi Pelatih Argentina

jorge sampaoliJorge Sampaoli resmi ditunjuk untuk menangani tim nasional Argentina. Sampaoli baru saja menandatangani kontrak dengan Le Albiceleste yang akan berlaku sampai musim panas 2022 mendatang.

Sampaoli, yang beberapa waktu lalu melepaskan jabatannya sebagai manajer Sevilla, diperkenalkan kepada publik Argentina di kantor Asosiasi Sepakbola Argentina di Buenos Aires, pada hari Kamis (1 Juni 2017) malam waktu setempat.

“Ini seperti impian yang menjadi nyata, sesuatu yang sudah menjadi impian sauya sejak lama. Saya selalu mengagumi tempat ini. Saya mengucapkan kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden atas kesabarannya. Kontrak saya bersama Argentina akan berlaku hingga Piala Dunia 2022. Saya berharap kami bisa melakukan sesuatu yang penting bagi publik Argentina” ujar Sampaoli seperti yang dilansir dari ESPN FC.

Sampaoli ditunjuk untuk menjadi pengganti bagi pelatih sebelumnya, Edgardo Bauza, yang dipecat pada 10 April 2017 silam. Bauza kehilangan pekerjaan karena serangkaian hasil buruk yang mereka dapatkan di sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Le Albiceleste saat ini tercecer di peringkat kelima klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Hanya empat tim teratas yang lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia, sementara peringkat kelima harus menjalani play-off melawan tim dari konfederasi lain.

Lionel Messi dan kawan-kawan cuma meraih 22 poin dari 14 pertandingan di babak kualifikasi. Mereka ada di bawah kesebelasan Brasil (33 poin), Kolombia (24 poin), Uruguay (23 poin), serta tim nasional Chile (23 poin).

“Perjalanan kami kali ini memang sulit. Kami tahu bahwa Argentina memiliki sumber daya untuk mencapai Piala Dunia. Kualifikasi ini kompleks dan ada tim-tim lain seperti kami yang sedang berusaha untuk meraih target,” ujar Jorge Sampaoli.

Sampaoli sebelumnya berhasil mengantarkan tim nasional Chile tampil sebagai juara Copa America 2015. Bersama Sevilla, pria berkebangsaan Argentina itu juga berhasil meloloskan tim asuhannya ke Liga Champions musim depan.

Tugas terdekat Sampaoli di tim nasional Argentina adalah memimpin tim dalam pertandingan persahabatan melawan Brasil (9 Juni 2017) dan Singapura (13 Juni 2017).

Leave a Reply