Silva Jalani Peranan Baru Di Bawah Asuhan Gurdiola

Di bawah besutan Josep Guardiola, David Silva tak hanya merasakan dilatih oleh manajer baru tapi juga menjalani sebuah peran baru. Silva sendiri mengakui jika dia sangat menikmati peran barunya bersama Manchester City tersebut.

Performa Silva pada kompetisi musim ini jika dilihat dari statistik memang tidak terlalu menonjol. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut baru berhasil mencetak satu gol dan dua assist dari tujuh penampilan di seluruh kompetisi.

Namun peran Silva itu penting sekali untuk permainan The Citizens secara keseluruhan. Apalagi peran baru yang dijalani oleh Silva ketika dia harus bermain lebih ke dalam bersama Fernandinho, sesuatu yang sangat jarang dilakoninya pada musim-musim sebelumnya.

Silva pun akhirnya harus mampu bermain serba bisa sebelum nantinya membangun serangan untuk membobol barisan pertahanan tim lawan. Posisi gelandang serang sudah dipercayakan oleh Guardiola kepada Nolito, Raheem Sterling, dan Kevin De Bruyne untuk mendukung Sergio Aguero.

Sejauh ini Silva menjalani dua pernanan itu dengan baik. Untuk sisi pertahanan, Whoscored mencatat Sliva melakukan 1,3 tekel bersih, 0,9 intersep, 0,4 blok, serta 0,6 sapuan dalam setiap pertandingan. Sementara itu untuk penyerangan, Silva melakukan 3,2 umpan kunci, 1,7 dribel, serta 1,8 usaha percobaan per per pertandingan.

“Benar saja jika saya dimainkan oleh pelatih agak ke dalam karena saya harus membantu membangun serangan. Namun pelatih memberikan saya kebebasan untuk menyerang, dan saya sangat suka dengan itu,” ujar Silva seperti yang dilansir dari Soccerway.

“Pep sangat pandai dalam mengontrol permainan, menciptakan banyak peluang di depan gawang, mendominasi tim lawan dengan serangan balik dan siap menetralisirnya. Kami melakukannya seperti yang kami inginkan dan semoga kami bisa terus mempertahankannya,” tutupnya.

Leave a Reply