Soal Casillas, Pelatih Spanyol Akan Lihat Performa

Pelatih baru tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, sangat menghormati semua prestasi yang pernah diraih oleh Iker Casillas dalam kariernya selama ini. Namun, hal itu tidak akan jadi pertimbangan saat dirinya menentukan pemain untuk timnya.

Masa depan Casillas di timnas Spanyol tengah menjadi tanda tanya. Penjaga gawang berusia 35 tahun yang sekarang membela Porto tersebut hanya jadi cadangan di Piala Eropa 2016 karena pelatih saat itu, Vicente del Bosque, lebih memilih memainkan David de Gea.

Selepas Piala Eropa, Del Bosque mundur dan Lopetegui ditunjuk untuk jadi penggantinya. Ujian pertama untuk Lopetegui adalah laga persahabatan melawan Belgia pada 1 September 2016 mendatang, yang disusul laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Liechtenstein empat hari berselang.

Untuk pemain dalam pertandingan tersebut, Lopetegui akan mengumumkan skuatnya pada pekan depan. Dia kemudian mendapatkan pertanyaan apakah masih akan memberi kesempatan kepada mantan penjaga gawang Real Madrid tersebut.

“Saya sangat menghormati apa yang telah diraih oleh Iker Casillas dan sangat berterima kasih untuk pencapaian-pencapaiannya dan komitmennya kepada tim nasional. Namun, saya tidak bisa membuat keputusan hanya dengan melihat hal itu. Saya akan membuat keputusan berdasarkan performa,” ungkap Lopetegui kepada AS.

“Hal itu tidak hanya saya terapkan untuk Casillas, tetapi juga untuk para pemain lainnya. Anda harus sangat menghormati pemain-pemain yang menandai sebuah kebersamaan dengan tim nasional dan Iker Casillas adalah salah satunya, tapi ada pemain-pemain lain juga,” lanjutnya.

Sampai sejauh ini, Casillas tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk timnas Spanyol, yaitu 167 caps. Dia menjalani debutnya bersama squad La Furia Roja pada tahun 2000 silam dan telah mengantarkan negaranya memenangkan satu kali Piala Dunia dan dua kali jadi juara di Piala Eropa.

Leave a Reply