Tak Ada Yang Bisa Menggatikan Wenger, Layaknya Ferguson Bagi MU

Mantan penggawa Arsenal, Gilberto Silva memperingatkan kepada bekas klubnya bahwa mereka akan sulit untuk menemukan sosok pengganti Arsene Wenger suatu hari nanti saat dia tidak lagi jadi manajer. Silva menyebut Manchester United sebagai contohnya.

Pada 1 Oktober 2016 mendatang Wenger akan merayakan 20 tahun kebersamaannya bersama The Gunners, klub yang sudah diantarkannya meraih tiga titel Premier League, enam Piala FA, serta enam Community Shield.

2 dekade itu sendiri tidak selalu berjalan mulus. Kegagalan Wenger membawa Arsenal menjuarai Premier League sejak kali terakhir tahun 2004 lalu menjadi salah satu hal yang membuat pelatih sepakbola berkerbangsaan Prancis itu seringkali menerima kritik.

Wenger juga sudah beberapa kali mendapatkan desakan untuk mundur. Namun menurut Gilberto Silva, yang dulu juga sempat menikmati kesuksesan juara Premier League bersama Wenger, mantan manajernya itu bakal sulit digantikan oleh siapapun setelah sekian lama menempati posisinya.

Silva kemudian memberi contoh nyata dalam diri Manchester United, yang harus bergulat dengan situasi setelah ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson yang memutuskan pensiun pada 2013 silam setelah 26 tahun bergelimang trofi di Old Trafford.

“Sebagai seorang pelatih sepakbola, bertahan di klub selama 20 tahun itu bukanlah waktu yang singkat, itu berarti Anda harus mengucapkan selamat kepada seseorang yang bisa membuat pencapaian penting seperti itu dalam hidupnya,” ungkap Gilberto Silva.

“Saya harap orang-orang akan sadar dengan hal itu karena saat nantinya Wenger benar-benar pergi dari klub, tidak akan mudah untuk mencari penggantinya. Anda bisa lihat Manchester United yang tidak mudah menggantikan Sir Alex Ferguson,” sebutnya.

Leave a Reply