Tanpa Messi, Argentina Mungkin Tak Lolos Piala Dunia 2018

Lionel Messi memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama dengan Tim nasional Argentina setelah gagal memenangkan Copa America Centenario 2016, awal bulan Juli lalu. Messi merasa putus asa karena selalu gagal membawa La Albiceleste meraih juara.

Penyerang berusia 29 tahun tersebut belum mampu mempersembahkan satu pun gelar juara untuk negaranya, berbanding terbalik dengan kiprahnya di level klub. Padahal, Messi sudah tampil dalam empat pertandingan final turnamen bergengsi antar-negara bersama Tim Tango.

Menurut mantan pelatih asal Argentina, Cesar Luis Menotti, keputusan dari penyerang andalan Barcelona bisa berdampak buruk untuk negaranya sendiri. Menotti menyebut jika kesebelasan Argentina bisa gagal lolos ke putaran Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia.

“Hanya akan ada lima tim yang tampil di Piala Dunia 2018 Rusia dari zona Amerika Selatan. Dengan tidak adanya Leo Messi, Argentina bisa punya risiko kehilangan tampil dalam turnamen itu,” kata Menotti.

“Mungkin sekarang timnas Argentina harus melupakan Piala Dunia 2018 mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar,” ucap pria yang kini berusia 77 tahun tersebut.

Saat ini, di papan klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, Argentina berada di peringkat ketiga. Tim asuhan Gerardo Martino ini baru berhasil mengumpulkan totoal 11 poin, hasil dari enam pertandingan.

La Albiceleste hanya unggul satu poin di atas Chile yang menduduki peringkat keempat dan Kolombia yang duduk di posisi kelima. Tim Tango baru bisa mencetak enam gol selama bermain di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Leave a Reply