Tentang Penerus Ibrahimovic Yang Baru Saja Gabung Dortmund

Ada pemain baru yang memperkuat Borussia Dortmund. Namanya Alexander Isak, pemain 17 tahun yang bulan ini juga sudah memecahkan rekor yang sebelumnya belum pernah terpecahkan selama 100 tahun lebih di tim nasional Swedia.

Isak sebenarnya sudah mulai mencuri perhatian klub-klub top Eropa selama beberapa waktu. Namun pada bulan Januari ini nama Isak benar-benar menghentak.

Pada 8 Januari 2017, Isak menjalani debutnya di tim nasional senior Swedia. Dimainkan pada menit 62 menggantikan Per Frick di laga kontra Pantai Gading, Isak resmi menjadi pemain termuda kedua yang tampil bersama kesebelasan Swedia.

Berselang empat hari kemudian, Isak mencatatkan penampilan kedua ketika Swedia meraih kemenangan telak 6 – 0 atas kesebelasan Slovakia. Pemain kelahiran Solna, 21 September 1999 itu ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Luar biasanya, gol tersebut membuat Isak kini tercatat sebagai pencetak gol termuda bagi Swedia, pada usia 17 tahun 113 hari. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Erik Dahlstrom yang sudah bertahan selama 105 tahun.

Isak hengkang dari AIK dengan torehan 10 gol dari 24 laga di liga. Kabarnya Dortmund harus menebusnya dengan harga 10 juta euro (atau setara dengan Rp 143 miliar) untuk mendapatkan pemain yang santer disebut-sebut juga diburu oleh Real Madrid.

Satu hal lagi dari Isak ini adalah predikat sebagai penerus Zlatan Ibrahimovic terhadap dirinya. Label itu pada awalnya disematkan oleh Chinedu Obasi, rekan satu timnya di AIK, setelah menyaksikan aksi Isak bulan September lalu.

“Alexander adalah seseorang yang amar berbakat dan berpotensi. Saya tidak ingin bicara terlalu banyak, tapi ia luar biasa. Ia bisa menjadi penerus Zlatan Ibrahimovic baru,” kata Obasi.

Leave a Reply