Totti Sebut Dirinya Amat Cinta dengan Roma

Francesco Totti yang tengah lama menjalani kebersamaan bersama AS Roma pada akhirnya resmi berakhir. Sehabis laga terakhirnya, pemain sepakbola yang berumur 40 tahun ucapkan salam perpisahan.

Totti melangsungkan pertandingan terakhirnya dengan Roma dengan menjadi seorang pemain cadangan ketika berhadapan dengan Genoa pada hari Minggu (28/5/2017) di Stadion Olimpico. Ia baru dapat bermain pada menit 54 gantikan posisi Mohamed Salah.

Memakai jersey yang bernomor punggung 10 spesial, yang dihiasi dengan kalimat ‘Una squadra per la vita’ atau yang artinya ‘sebuah tim untuk seterusnya’, Totti raih sambutan meriah lewat semua orang yang ada di stadion. Setelah laga yang dimenangkan oleh Roma dengan skor 3-2, Totti sampaikan pidato sebagai sebuah perpisahan dirinya dengan Romanisti.

“Lahir sebagai orang Roma dan Romanisti merupakan sebuah hal yang istimewa. Menjadi seorang kapten pada tim ini merupakan sebuah kehormatan,” ujar Totti sebelum sudahi pidatonya.

“Kamu merupakan — dan bakal terus jadi — hidup saya. Saya tak akan lagi menghibur dirimu dengan kaki saya, namun hati saya bakal terus ada dbersama denganmu.”

“Saat ini, saya bakal turun tangga dan masuk ke ruang ganti yang menyambut saya sebagai seorang anak kecil dan pergi keluar dari itu sebagai seorang pria.”

“Saya merasa bangga dan senang dapat berikan kamu cinta sepanjang 28 tahun. Saya mencinta kamu,” akhir pidato Totti yang dikutip pada situs resmi klub.

Totti hanya tampil untuk Roma selama kariernya. Tampil sedari umurnya masih 16 tahun, ikon klub itu telah catatkan bermacam rekor.

Totti menjadi pemain dengan performa paling banyak di Roma dengan memainkan 786 laga dan top skorer klub paling panjang dengan catatkan 307 cetak angka. 1 titel Serie A ia berikan di musim 2000-2001.

Pada musim ini, adalah tahun terakhir pada kontrak Totti. Masih belum jelas ke mana akan perginya sang kapten untuk lanjutkan kariernya, tetapi klub telah berikan dirinya penawaran menjadi direktur klub.

Leave a Reply