Zidane Samakan Jalan Pendahulunya

Kesuksesan Real Madrid menjadi juara di liga membukukan catatan tersendiri untuk Zinedine Zidane. Si pelatih sekarang ini masuk dalam sebuah daftar yang ada 6 nama orang saja.

Madrid jadi kampiun La Liga musim 2016-2017, usai menangkan laga atas Malaga dengan skor 2-0 yang berlangsung pada hari Senin (22/5/2017) dinihari WIB di La Rosaleda. Atas hasil oke, Los Blancos akhiri musim ini dengan catatkan 93 poin, berhasil unggul dengan selisih 3 poin dari rival abadinya Barcelona di urutan 2.

Untuk Zidane, ini merupakan gelar liga perdananya menjadi seorang pelatih usai dapatkannya di musim 2002-2003 ketika masih bermain. GracenoteLive catatkan, sang pelatih asal Prancis tersebut jadi orang yang ke 6 yang menangkan ajang La Liga menjadi pemain dan pelatih Madrid.

Zidane ikuti langkah pendahulunya seperti Miguel Munoz, Luis Molowny, Jorge Valdano, Vicente del Bosque, dan Bernd Schuster.

Menjadi pemain Munoz menangkan 4 gelar liga di tahun 50an. Kemudian saat jadi nakhoda Madrid di tahun ’60an, Munoz menangkan 9 medali juara liga yang lain.

Molowny tampil untuk Madrid sepanjang 11 tahun mulai dari tahun 1946 dengan menangkan 2 titel La Liga. Lalu ia kembali ke Madrid sepanjang 4 periode di antara 1974-1986 dengan meraih 3 titel juara.

Sepanjang karier sebagai pemain, Valdano cuma selama 3 musim bermain untuk Madrid namun sukses menangkan 2 juara liga pada tengah tahun ’80an. Satu dekade selanjutnya ia kembali menjadi pelatih dan membawa timnya 1 kali juara di awal tahun ’90an.

Sementara Del Bosque sempat lama jadi pemain Madrid di natara tahun 1968 sampai 1984, dengan menjadi juara 5 gelar La Liga. Del Bosque lalu menjadi pelatih Los Blancos 3 kali di antara tahun 1994-2003 dan member 2 gelar liga.

Sedangkan Schuster sempat 2 tahun bermain untuk Madrid pada akhir tahun ’80an dengan menjadi juara di liga 2 kali. Pria asal Jerman tersebut selanjutnya dipilih menjadi pelatih di 2007-2008 dan berhasil mengantarkan Madrid menjadi juara di musim tersebut.

“Saya merasa amat senang, 38 hari dan pada akhir semuanya, ini merupakan yang amat tidak mudah dan indah. Liga Spanyol merupakan yang paling oke bagi saya dan dapat menangkan laga ini ialah luar biasa. Saya merasa amat senang ” ujar pelatih Madrid ini.

“Amat penting [menangkan liga], usai bertahun-tahun tidak berhasil menjadi juara dan kami tahu liga merupakan segalanya dan saat Anda menangkan itu, ini sangat krusial. Dan untuk Real Madrid, hal tersebut ialah klub paling oke di dunia, kami perlu samakan itu dengan gelar liga ini,” kata Zidane.

Leave a Reply